Dalam disiplin elektronika, kita sering mengacu kepada standar yang ditetapkan oleh IEEE (Institute of Electrical and Electronic Engineers). Dengan memakai standar tersebut, maka akan mempermudah dalam perancangan suatu perangkat elektronika. Dalam dunia penerbangan, khususnya menyangkut perangkat avionics semisal komunikasi, navigasi, juga berlaku hal yang sama. Namun standar yang dipakai tidak mengacu kepada standar IEEE. Untuk memahami standar tersebut , kita perlu mengenal organisasi semisal RTCA, EUROCAE dan ARINC. Tulisan singkat ini sedikit mengupas mengenai ketiga organisasi tersebut.

RTCA merupakan akronim dari Radio Technical Commission for Aeronautics. RTCA merupakan sebuah perusahaan non profit yang mengembangkan rekomendasi terkait dengan communications (komunikasi), navigation (navigasi), surveillance dan air traffic management (CNS/ATM). RTCA berperan sebagai komite yang dapat memberikan rekomendasi ke FAA, otoritas penerbangan Amerika. Rekomendasi dari RTCA digunakan sebagai dasar dalam penyusunan kebijakan, program dan peraturan.

RTCA sendiri mempunyai sekitar 400 anggota, yang terdiri otoritas penerbangan sipil, industri penerbangan dan akademisi baik dari Amerika maupun luar Amerika.

Rekomendasi dari RTCA berisi kinerja (performance) atau fungsi standar yang harus dicapai oleh suatu produk atau sistem untuk aplikasi penerbangan. Rekomendasi ini disebut sebagai MOPS (minimum operational performance system) dan MAPS (minimum aviation system performance standars).

Dokumen rekomendasi RTCA dinamakan dengan kode DO-xxx, dimana xxx adalah nomer dokumen. Salah satu contoh dokumen RTCA adalah : DO-160C, Environmental Conditions and Test Procedures for Airborne Equipment. Dokumen ini berisi prosedur tes standar untuk perangkat avionics terhadap kondisi lingkungan. Kondisi lingkungan yang masuk kedalam prosedur tes antara lain, suhu, kelembaban, getaran, ESD, ketinggian. Setiap perangkat avionics yang terpasang di pesawat, harus dapat memenuhi kriteria yang tercantum dalam dokumen itu.

Daftar semua dokumen RTCA dapat dibuka di : http://www.rtca.org/downloads/ListofAvailableDocsMarch2011.htm

Kalau di Amerika terdapat RTCA, maka untuk Eropa terdapat EUROCAE yang memberikan rekomendasi (MOPS/MAPS) kepada EASA. Sama seperti RTCA, EUROCAE juga beranggotakan otoritas penerbangan sipil, industri penerbangan dan akademisi. Contoh organisasi yang menjadi anggota dari EUROCAE adalah AIRBUS, BOMBARDIER AEROSPACE, EMBRAER dan SNECMA.

Kalau dokumen RTCA memakai penomoran DO-xxx, maka dokumen EUROCAE memakai penomoran ED-xxx. Daftar lengkap dokumen ERUCAE dapat dibuka di : http://www.eurocae.net/publications/publications-list.html

ARINC ( Aeronautical Radio, Incorporate) adalah sebuah penyedia solusi di bidang komunikasi dan rekayasa system untuk industri penerbangan, pertahanan, transportasi dan lain2x.

Walau lebih dikenal sebagai penyedia standar di dunia penerbangan (ARINC standar), sebenarnya didalam organisasi ARINC terdapat 3 komite yang berbeda yaitu :

• AEEC (Airlines Electronic Engineering Committee), bertugas untuk membuat standarisasi ARINC. AEEC beranggotakan airline, pabrik pesawat dan pabrik perangkat avionics.

• AMC (Avionics Maintenance Conference), bertugas mengorganisasi Avionics Maintenance Conference. Konferensi mengenai perawatan perangkat avionics yang berlangsung setahun sekali.

• FSEMC (Flight Simulator Engineering & Maintenance Conference), bertugas mengorganisasi Flight Simulator Engineering and Maintenance Conference. Konferensi ini berlangsung setahun sekali.

ARINC standar terbagi menjadi tiga kategori. Yang pertama adalah ARINC characteristics, yang menentukan bentuk, ukuran, fungsi dan interface (form, fit, function and interface) dari suatu perangkat avionics. Kemudian ada ARINC specifications, yang mendefinisikan standar komunikasi data, pemasangan (mounting) perangkat avionics dan high-level computer language. Dan terakhir adalah ARINC reports, yang menyediakan panduan kepada airlines terkait perawatan perangkat avionics.

ARINC characteristics dan specifications adalah standar yang dibuat untuk memenuhi kriteria yang sudah ditentukan, semisal oleh dokumen RTCA. Yang membedakan antara RTCA dan ARINC adalah, RTCA  menetapkan kriteria minimum yang harus dicapai, sedangkan dokumen ARINC memberikan detail karakteristik untuk mencapai kriteria tersebut.

Beberapa contoh standar yang ditetapkan oleh ARINC adalah :

1. ARINC 429 adalah standar komunikasi data di pesawat modern. Standar ini terdiri dari 2-kabel serial dengan satu pengirim dan banyak penerima.
2. ARINC 708 adalah standar untuk radar cuaca pesawat.
3. ARINC 717 adalah standar untuk Flight Data Recorder (FDR) untuk pesawat komersial.

Untuk list lengkap dapat dibuka di : https://www.arinc.com/cf/store/documentlist.cfm

Satu hal yang menjadi catatan, semua dokumen RTCA, EUROCAE, dan ARINC adalah dokumen yang berbayar.

Referensi :

  1. http://www.rtca.org/aboutrtca.asp
  2. http://www.aviationtoday.com/av/issue/feature/12850.html
  3. http://en.wikipedia.org/wiki/DO-160
  4. http://en.wikipedia.org/wiki/ARINC
  5. http://www.eurocae.net/about.html