Saat awal belajar tentang pesawat, ada pertanyaan di benak saya, ada berapakah jumlah komputer yang terpasang di pesawat ? Jawabannya adalah : banyak !

Untuk pesawat seperti Boeing 737, ada beberapa komponen pesawat yang dinamakan komputer.
Semisal FCC ( Flight Control Computer ), FMC ( Flight Management Computer) dan GPWC ( Ground Proximity Warning Computer). Selain itu, ada juga komponen avionics lain yang tidak dinamakan sebagai komputer, semisal ATC transponder, TCAS processor, weather radar processor, dll.

Namun menurut saya komponen ini juga merupakan komputer. Karena komponen-komponen ini mempunyai prosesor yang berfungsi untuk mengolah input kemudian menghasilkan suatu output.

Pertanyaan kedua yang muncul, terletak dimanakah semua komputer-komputer tersebut?

Ternyata komputer-komputer tersebut mempunyai tempat sendiri di pesawat. Tempat penyimpanan komputer atau komponen avionics pesawat disebut sebagai EE (electronic equipment) compartment. Atau biasa juga disebut EE bay atau avionics bay.

Sepengetahuan saya, untuk pesawat seperti Boeing dan Airbus, EE compartment utama berlokasi di bawah kabin penumpang. Diantara cargo compartment dan landing gear depan. Bisa dilihat di ilustrasi dibawah.

Gambar potongan melintang pesawat 737
Gambar dari : http://www.davidson-der.com/B737_ac_articles.asp

Untuk pesawat  kecil (narrow body) maka ukuran EE compartment-nya juga kecil. Sedangkan untuk pesawat besar (wide body) semisal Boeing 747-400 dan Airbus A330-300 mempunyai EE compartment yang cukup besar. Kita bisa masuk , berdiri tegak dan berjalan-jalan  didalamnya.

Untuk mengakses EE compartment, ada pintu khusus yang terletak di fuselage bawah. Sedangkan untuk pesawat besar juga terdapat akses dari atas, dari kabin penumpang.

Pintu akses EE compartment dari kabin penumpang di pesawat Boeing 767
Gambar dari : https://picasaweb.google.com/AndrewHamilton237/Boeing767Visit#5081785523863726930

Didalam EE compartment, komponen elektronik pesawat terpasang dalam rak-rak masing-masing. Di setiap rak terdapat identifikasi komponen yang terpasang. Berikut beberapa foto EE compartment yang saya dapatkan dari hasil googling.

Komponen avionics yang terpasang di EE compartment pesawat B737 NG
Gambar dari : http://www.airteamimages.com/91339.html

EE compartment terlihat dari pintu akses dibawah fuselage
Gambar dari : http://www.b737.org.uk/eandebay.htm

EE compartment B747-400, cukup lega🙂
Gambar dari : http://rides.webshots.com/photo/1270442358049164825rjazob