Tahukah anda bahwa di Tangerang terdapat tiga bandara  (bandar udara) ?

Peta Bandara di Tangerang
Gambar dari : Google Maps

Yang paling besar dan terkenal tentunya bandara Soekarno Hatta, yang terletak di Kota Tangerang.  Bandara kedua adalah Pondok Cabe yang terletak di Pamulang, Tangerang Selatan. Dan bandara ketiga adalah bandara Budiarto di Curug , Kabupaten Tangerang. Berikut profil singkat dari masing-masing bandara.

Bandara Internasional Soekarno Hatta

 Bandara Soekarno Hatta
Gambar dari : http://www.panoramio.com/photo/12472770

IATA code : CGK
ICAO code : WIII

Nama bandara ini diambil dari nama presiden dan wakil presiden pertama Republik Indonesia. Bandara Soetta (Soekarno-Hatta) mulai dioperasikan pada tahun 1985, untuk menggantikan bandara Kemayoran di Jakarta.  Bandara ini merupakan bandara utama di Indonesia.

Bandara Soetta adalah bandara untuk penerbangan sipil, di bandara ini tidak terdapat pangkalan militer.

Bandara Soetta memiliki memiliki dua landasan pacu (runway) dan tiga terminal (1,2 dan 3).
Landasan 1 (runway 07L/25R) mempunyai panjang 3600m dan lebar 60m. Sedangkan landasan 2 (runway 07R/25L) mempunyai panjang 3660 dan lebar 60 meter.
Terminal 1 dan 3 dipergunakan untuk penerbangan domestik. Sedangkan terminal 2 untuk penerbangan internasional dan domestik (khusus untuk Garuda Indonesia dan Merpati).

Bandara Soetta dikelola oleh PT Angkasa Pura II. Sering juga disebut sebagai Cengkareng, walau hal ini kurang tepat, karena bandara Soetta sudah masuk wilayah kota Tangerang.

Bandara Pondok Cabe

Bandara Pondok Cabe
Gambar dari : http://www.panoramio.com/photo/35954154

IATA code : PCB
ICAO code : WIHP

Bandara Pondok Cabe terletak di kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan. Bandara ini dimiliki oleh PT Pertamina dan  merupakan home base untuk Pelita Air Service yang merupakan anak perusahaan dari Pertamina. Disini juga terdapat bengkel perawatan Pelita Air yaitu Indo Pelita.

Selain untuk penerbangan sipil bandara pondok cabe juga digunakan sebagai pangkalan militer. Antara lain pangkalan  dari Skuadron 21/Sena Dinas Penerbangan Angkatan Darat (Dispenerbad) dan Dinas Polisi Air dan Udara (Polairud).

Bandara ini mempunyai satu landasan pacu (runway 18/36) dengan panjang 1986 meter dan lebar  45 meter.

Bandara Budiarto

Bandara Budiarto
Gambar dari : http://www.panoramio.com/photo/4272873

IATA code : –
ICAO code : WICB

Bandara Budiarto terletak di Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang. Bandara ini dipergunakan sebagai tempat latihan bagi siswa STPI ( Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia).

Selain STPI, di bandara Budiarto juga terdapat bengkel perawatan pesawat milik PT. Aero Nusantara Indonesia (PT ANI). PT ANI merupakan bengkel perawatan untuk pesawat B737-200 yang dipakai oleh Sriwijaya Air.

Bandara Budiarto mempunyai tiga landasan pacu dengan data sebagai berikut :

  1. Runway 04R/22L  dengan panjang 1602 dan lebar 46 meter
  2. Runway 04L/22R dengan panjang 1097 dan lebar  12 meter
  3. Runway 12/30  dengan panjang 1821 dan lebar  30 meter

Dulu, sebelum pemekaran wilayah, ketiga bandara ini masuk ke dalam wilayah Kabupaten Tangerang. Sekarang setelah pemekaran wilayah, Tangerang terbagi menjadi tiga daerah, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang. Dengan masing-masing kota/kabupaten memiliki bandara sendiri.

Referensi :

  1. http://worldaerodata.com/wad.cgi?id=ID37159&sch=soekarno+hatta
  2. http://id.wikipedia.org/wiki/Bandar_Udara_Soekarno-Hatta
  3. http://worldaerodata.com/wad.cgi?id=ID57783&sch=pondok+cabe
  4. http://worldaerodata.com/wad.cgi?id=ID94033&sch=budiarto