Ilustrasi timbangan🙂

Dalam dua hari ini saya mendapat pelatihan mengenai aircraft weight and balance. Membahas prosedur yang berkaitan dengan perhitungan berat pesawat dan juga titik gravitasinya (center of gravity). Walau sebenarnya bukan masuk ranah saya (avionika) , namun tidak masalah, bisa sebagai tambahan pengetahuan.

Berikut akan saya uraikan secara singkat mengenai menimbang pesawat (yang saya ketahui) memakai metode 5W 1 H.

What

Weight and balance membahas prosedur untuk memperhitungkan berat dari pesawat, dan juga titik gravitasinya (center of gravity).

Berat pesawat yang dimaksud adalah berat kosong pesawat (basic empty weight).  Basic empty weight (BEW) akan digunakan sebagai dasar untuk perhitungan standar berat yang lain, antara lain :

  1. Berat kosong untuk operasi, operational empty weight (OEW),
  2. Berat maksimal untuk taxi, maximum taxi weight (MTW),
  3. Berat maksimal untuk take off, maximum take off weight (MTOW) dan
  4. Berat maksimal untuk landing, maximum landing weight (MLW)

Titik gravitasi (center of gravity-CG) adalah titik yang diasumsikan sebagai pusat konsentrasi dari berat total pesawat .  CG harus terletak dalam suatu batasan tertentu untuk keselamatan penerbangan. CG harus dijaga agar pesawat dapat seimbang (balance) baik dalam sumbu lateral maupun longitudinal. Keseimbangan dalam sumbu longitudinal dapat dicapai dengan memastikan CG berada di sedikit di depan titik angkat pesawat (center of lift).

Posisi CG terhadap titik angkat pesawat
Gambar dari : FAA Aircraft Weight and Balance Handbook

Who

Ada 3 pihak yang terkait dengan weight and balance dari pesawat, pabrik pesawat, aircraft mechanic dan pilot.

Pabrik pesawat harus menyediakan data mengenai empty weight dan juga CG saat proses sertifikasi pesawat.
Setelah pesawat beroperasi, maka aircraft mechanic bertanggung jawab untuk menyimpan catatan weight & balance dari pesawat.  Termasuk melakukan penimbangan ulang apabila diperlukan.
Pilot sebagai end user, harus mengetahui berat maksimal yang diperboleh dan juga CG dari pesawat setiap kali memulai suatu penerbangan.

Where

Pesawat ditimbang dimana saja, asalkan kondisinya memungkinkan. Asalkan kondisi lingkungan mendukung, semisal kecepatan angin dan cuaca.

When

Beberapa kondisi yang mengharuskan pesawat untuk ditimbang :

  1. Sebelum pesawat mulai dioperasikan.
  2. Secara berkala, menurut regulasi pesawat harus ditimbang berkala dalam 36 bulan ( 3 tahun).
  3. Apabila dilakukan modifikasi terhadap pesawat yang menyebabkan perubahan pada berat dan perubahan pada CG. Dalam hal ini, penimbangan bisa digantikan oleh perhitungan saja. Namun apabila hasil perhitungan dianggap kurang akurat, maka pesawat harus ditimbang ulang.

Why

Weight and balance dari pesawat harus dikontrol karena terkait dengan keselamatan dalam penerbangan.  Berat dari pesawat tidak boleh melebihi kemampuan dari struktur pesawat itu sendiri. Berat pesawat juga  harus diperhitungkan terhadap daya angkat dari pesawat (lift factor).  CG  harus dikontrol untuk menjaga keseimbangan pesawat selama dia terbang. Posisi CG yang tidak seimbang akan menyebabkan pesawat susah dikontrol oleh pilot.

Posisi CG yang terlalu kebelakang, menyebabkan pesawat cenderung nose up
dan dapat kehilangan daya angkat (stall)
Gambar dari : FAA Aircraft Weight and Balance Handbook


How

Pesawat dapat ditimbang menggunakan platform scales atau electronic load cells.

Platform scales
Gambar dari : FAA Aircraft Weight and Balance Handbook

Untuk pembacaan berat menggunakan platform scales, maka platform scales harus diletakkan dibawah masing-masing roda pesawat. Dari pembacaan masing-masing platform scales, maka didapatkan berat total dari pesawat. Dari data tersebut juga dapat diperhitungkan CG (center of gravity) dari pesawat.

Saat menimbang pesawat untuk mencari berat kosong (basic empty weight), maka ada beberapa peralatan pesawat yang harus terpasang, dan ada yang harus diturunkan dari pesawat. Fuel pesawat harus dikuras (drain) namun untuk fluida lain ( oil and hydraulic) masih tetap ada. Semua ini tercantum dalam manual weight & balance yang dibuat oleh pabrik pesawat.

Referensi :
1. FAA Aircraft Weight and Balance Handbook, unduh disini
2. FAA Advisory Circular AC 120-27E, unduh disini