Selama ini ada yang berpandangan bahwa static discharger yang terpasang di pesawat berfungsi seperti penangkal petir. Untuk membuang aliran listrik apabila pesawat terkena sambaran petir.

Foto pesawat 747 tekena sambaran petir
Gambar dari : http://amrosario.com/techblog/category/off-the-wall/page/2/

Ini adalah pandangan yang keliru. Tidak ada hubungan antara static discharger dan perlindungan pesawat terhadap sambaran petir.

Sebelum membahas mengenai static disharger, ada baiknya mengingat kembali mengenai teori dasar listrik. Dalam pelajaran fisika dikenal istilah listrik statis dan juga  listrik dinamis.

Listrik statis adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh perpindahan muatan listrik, proton maupun elektron. Perpindahan muatan itu terjadi salah satunya karena adanya gaya gesek antara dua benda yang bermuatan. Contoh cara membangkitkan listrik statis dalam kehidupan kita sehari-hari ialah dengan menggosokkan penggaris plastik dengan kain wool, kaca dengan kain sutra, dll.

Sedangkan listrik dinamis adalah listrik yang dapat mengalir disebabkan adanya perbedaan tegangan listrik. Listrik dinamis membutuhkan sumber tegangan semacam baterai atau generator. Listrik dinamis akan mengalir pada konduktor, yaitu bahan yang dapat menghantarkan arus listrik.

Static discharger yang dipasang di pesawat “bertugas” untuk mengatasi listrik statis. Yaitu listrik statis yang timbul karena adanya gesekan antara fuselage pesawat dengan udara.

Muatan listrik yang timbul ini dapat terbentuk pada area antena komunikasi pesawat yang terpasang di fuselage. Oleh karena itu listrik statis ini perlu untuk dihilangkan, agar tidak menimbulkan gangguan (interferensi) pada sistem komunikasi pesawat. Static discharger akan „membuang“ muatan-muatan listrik yang terbentuk kembali ke udara. Static discharger dibuat dari bahan yang mempunyai beda hambatan yang rendah dibandingkan udara. Sehingga static discharger dapat dengan mudah membuang muatan listrik kembali ke udara.

Static discharger pada sayap pesawat A-319
Gambar dari : http://en.wikipedia.org/wiki/Static_discharger

Close up static discharger pada wingtip
Gambar dari : google images

Static discharger berbentuk seperti jarum yang terpasang sayap pesawat (trailing edge) dan juga pada horizontal stabilizer dan vertical stabilizer.

Walau tidak berfungsi sebagai penangkal petir, namun static discharger dapat rusak oleh sambaran petir. Oleh karena itu salah satu prosedur perawatan untuk pesawat post lightning strike adalah memeriksa kondisi static discharger yang terpasang.

NOTE:
Dalam maintenace manual pesawat, static discharger dibahas di ATA-23 Communications

Refererensi :

  1. Yahoo answer Indonesia, untuk listrik statis dan dinamis
  2. Wikipedia, http://en.wikipedia.org/wiki/Static_discharger